Kamis, 15 Desember 2011

Benteng Marlborough

 
Benteng Marlborough merupakan salah satu peninggalan sejarah bangsa Inggris di Bengkulu yang masih utuh dan dapat kita lihat serta kunjungi. Benteng ini dibangun pada tahun 1709 – 1719 setelah pembangunan benteng York oleh perusahaan dagang Inggris (East Indian Company) di bawah pimpinan gubernur Joseph Callet.
Benteng ini merupakan benteng tersebesar di bagian Timur Jauh setelah benteng George di Madras, India. Benteng ini dibangun menghadap kearah selatan dan meliputi areal sekitar 44.100 meter.
Tipe bangunan benteng adalah gaya bangunan abad ke 18 dengan model menyerupai kura-kura.

Lebar bangunan 120,5 meter dan panjang 180 meter. Bahan bangunan terbuat dari bata dari berbagai ukuran yang direkat dengan adukan semen, sedangkan lantai terdiri dari susunan bata dan semen.
Bagian luar benteng dikelilingi dengan kanal dan mempunyai pintu gerbang utama yang dihubungkan dengan jembatan. Bagian dalam bangunan juga terdapat pintu gerbang dan jembatan penghubung.
Benteng Malborough ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan mancanegara maupun turis lokal karena di dalam benteng ini masih tersimpan rapi benda-benda peninggalan jaman Inggris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar