Kamis, 15 Desember 2011

RHUMBA

Rumba adalah keluarga irama perkusi, lagu dan tari yang berasal dari Kuba sebagai kombinasi dari tradisi musik orang Afrika dibawa ke Kuba sebagai budak dan penjajah Spanyol. Nama berasal dari kata rumbo Kuba Spanyol yang berarti "partai" atau "kesenangan". Hal ini sekuler, tanpa koneksi agama.berirama, Afro-Kuba folkloric rumba didasarkan pada pola lima-stroke disebut clave dan struktur yang melekat yang disampaikannya.Carlos Vidal Bolado (lebih dikenal hanya sebagai Carlos Vidal) adalah yang pertama untuk komersial catatan otentik folkloric rumba (Ritmo Afro-Cubano SMC 2519-A dan 2520-B, sekitar tahun 1948). 
 Penyebaran istilah dalam tahun 1930-an dan 1940-an dengan musik lebih cepat populer dari Kuba (Vendor Kacang adalah klasik), di mana ia digunakan sebagai istilah catch-semua, bukan seperti hari ini salsa. Juga, istilah yang digunakan dalam silabus Amerika Latin tari internasional, di mana ia adalah sebuah ironi: musik yang digunakan untuk tarian ini lebih lambat adalah bolero-anak. Ballroom rumba, atau rhumba, pada dasarnya anak dan tidak didasarkan pada rumba folkloric otentik. Demikian pula, gaya Afrika musik pop yang disebut Afrika Rumba atau soukous juga anak-berbasis.
Istilah ini juga digunakan saat ini untuk berbagai gaya musik populer dari Spanyol, sebagai bagian dari de yang disebut Cantes ida y Vuelta, atau musik yang berkembang di antara kedua sisi Atlantik. Flamenco rumba adalah genre yang sepenuhnya berbeda dari rumba Kuba.Isi

    
* 1 Jenis
    
* 2 Sejarah
    
* 3 Referensi
1. Jenis

    
* Kuba Rumba, perkusi, lagu dan tarian gaya yang berutang asal mereka untuk budak Afrika di Kuba.
    
* Rumba (tari), gaya tari internasional yang sesuai dengan musik Kuba lambat, seperti anak-bolero.
    
* Katalan Rumba (Rumba Catalana), adalah genre musik yang berkembang di masyarakat Romani Barcelona.
    
* Flamenco Rumba, gaya musik flamenco dari Spanyol juga dikenal sebagai Gipsi Rumba atau Rumba Gitana.
    
* Orang Afrika Rumba, Terinspirasi oleh putra Kuba, gaya musik yang berasal dari Kongo, dan berkembang menjadi musik soukous.
2. Sejarah
Musik Kuba yang beragam dalam gaya dan latar belakang yang berasal dari beberapa kebudayaan. Di daerah ini musik Kuba, Rumba adalah istilah generik yang mencakup berbagai irama musik dan tarian yang terkait. Dalam gaya ini, yang mencakup kombinasi dari kedua musik dan tari, improvisasi vokal dan berirama baik terlibat [5] Hal ini mencakup kombinasi kelancaran musik, tari dan puisi untuk menghasilkan suara yang unik dan menari [6]
Rumba juga telah digambarkan oleh beberapa sebagai musik folkloric dan kombinasi tari kompleks. Ini mungkin karena pengaruh rumba telah dari musik dan budaya yang disajikan oleh Afrika yang dibawa oleh penjajah Spanyol ke Kuba untuk menjadi budak. Pencampuran kedua budaya, antara lain yang kemudian datang ke dalam budaya, menciptakan orang berakar.
Sementara irama sinkopasi jelas asal Afrika, kerangka musik sebagian besar didasarkan pada tradisi musik Spanyol. Berbagai gaya Rumba berasal melodi mereka, pola dan instrumentasi dari seguidillas, copla, peteneras, Jotas, soleares, malagueñas, ISAS, Folias dan tarian yang terkait.
Orang Afrika dibawa menjadi budak memiliki sejarah dan budaya yang kemudian bergabung dengan budaya lain mereka telah didorong ke dalam. Asal Afrika Rumba dapat ditelusuri ke dua tarian sekuler asal Bantu. Dua pengaruh dan akar untuk rumba pada khususnya yang dari "Yulea" dan "Makuta" gaya menari .Ada banyak pengaruh Afrika lainnya dalam rumba yang membantu membentuk menjadi seperti sekarang ini tetapi mereka adalah pengaruh utama yang yang terlihat hari ini di gaya tari.
Orang-orang keturunan Afrika di Havana dan Matanzas awalnya menggunakan kata rumba sebagai sinonim untuk pesta."[Seiring waktu] rumba berhenti menjadi sekedar kata lain dari partai dan mengambil makna kedua genre musik yang didefinisikan Kuba dan juga dari bentuk yang sangat spesifik dari tari.  " Penggunaan lama kata tersebut masih hidup di Kolombia, di mana ir de rumba sarana untuk pergi keluar di malam hari.
Dalam rumba ada langkah tari di mana pasangan menari bergerak bersama dan hampir bertemu di pusar dan kemudian terpisah. Ini mirip dengan langkah tarian yang orang Nigeria Sara lakukan saat menari. Dalam langkah ini dilakukan, yang mirip dengan langkah-langkah di rumba, sambil menari orang Sara memiliki anak laki-laki dan deretan deretan gadis. Deretan anak laki-laki dan baris gadis-gadis berdiri di seberang dari satu sama lain dan kemudian mereka bergerak bersama terhadap sentuhan dibandingkan terpisah dari satu sama lain, maka dua baris ulangi lagi langkah ini. Ini bergerak dibawa oleh para budak membuat jalan ke rumba dan telah menjadi bagian dari kebudayaan Kuba sejak lebih terbuka diterima sebagai bentuk tari, dan seni Muncul di pertengahan abad ke-19 dari lingkungan marjinal Havana dan Matanzas, musik perkusi dan tari didasarkan tidak diterima secara luas. Sebagai tari Afro-Kuba energik, Rumba sering ditekan dan dibatasi karena itu dipandang sebagai berbahaya dan cabul. Karena itu, ketika pertama kali muncul itu dilakukan secara pribadi.

    
"Awalnya alat musik rumba terdiri dari barang-barang rumah tangga biasa: sisi lemari berfungsi dalam peran masa kini Tumba atau salidor (drum mendukung primer), sementara laci terbalik menjabat sebagai Quinto (memimpin drum) dan sepasang sendok memainkan bagian Cascara pada apa pun yang tersedia "-Peñalosa (2010: xiii).Pada 1920-an dan 1930-an gerakan intelektual yang dikenal sebagai Afrocubanismo memberi akar untuk rumba tradisional [11] Ketika gerakan afrocubanismo datang itu membantu membuka pintu untuk menari berakar Afrika dan cara berekspresi. Rumba menjadi lebih diterima di antara Kuba dan ekspresi budaya diakui yang diidentifikasi sebagai bagian dari rakyat Kuba. Hal ini juga menyediakan sarana pada titik ekspresi publik bagi mereka yang tanpa perwakilan di media, Afro-Kuba. Sebelum waktu itu kulit putih sebagian besar, jika tidak semua, dari kontrol atas setiap budaya berarti ekspresi,, dan sebagainya .



  Rumba membentuk dan untuk sekali bisa diungkapkan secara terbuka memberikan beberapa kontrol kembali ke Kuba Afro- . Untuk rumba, tempat ekspresi untuk orang kulit hitam gratis dan diperbudak untuk berkumpul juga didirikan. The 'diperbudak orang kulit hitam masih dapat hadir hanya setelah pekerjaan mereka sudah selesai, orang kulit hitam bebas memiliki lebih sedikit pembatasan.
Afro-Kuba rumba, yang dikembangkan di pedesaan Kuba, masih menari di Havana, Kuba Matanzas dan kota-kota lainnya serta daerah pedesaan, terutama mereka dengan masyarakat Afrika yang signifikan atau dominan, meskipun sekarang sudah diresapi dengan pengaruh dari Jazz dan Hip hop.
Kuba Rumba dapat dipecah menjadi tiga jenis dasar: Yambú, Columbia, dan Guaguancó. Yambú adalah gaya tertua dan paling lambat yang ada. Lalu ada gaya yang paling populer; Guaguancó. Gaya ini bisa didengar dalam lagu-lagu seperti "Quimbara" oleh Celia Cruz. Guaguancó juga tari pasangan yang adalah permainan simbolis dari godaan seksual yang dimulai.

    
"Laki-laki berkala upaya untuk" menangkap "mitra dengan dorongan tunggal panggul. Gerakan erotis disebut vacunao ('vaksinasi' atau lebih khusus 'injeksi'), isyarat yang berasal dari Yuka dan makuta, melambangkan penetrasi seksual. Para vacunao juga dapat dinyatakan dengan gerakan tiba-tiba dibuat oleh tangan atau kaki. Para Quinto sering aksen vacunao, biasanya sebagai resolusi sebuah frase yang membentang lebih dari satu siklus clave tersebut vacunao tidak digunakan dalam yambú.. Ungkapan klasik "En el ada yambú vacuna se." ("Dalam yambú ada vaksinasi tidak ada. ') umumnya terdengar selama pertunjukan yambú. Memegang ke ujung roknya, sementara menggoda bergerak atas dan bawah tubuh bergerak sebaliknya, wanita" membuka "dan" menutup "roknya dalam irama ritmis dengan musik The upaya untuk mengalihkan perhatian laki-laki perempuan dengan mewah (sering kontra-metrik) langkah, beraksen oleh Quinto, sampai ia dalam posisi untuk." menyuntikkan "nya. perempuan bereaksi dengan cepat berbalik, membawa ujung roknya bersama-sama, atau meliputi daerah selangkangannya dengan tangan (botao), secara simbolis menghalangi "injeksi." Sebagian besar waktu penari pria tidak berhasil "menangkap" pasangannya. Para tarian ini dilakukan dengan baik hati humor-Peñalosa (2010: xiii, xvi).

    
"Saya lahir di lingkungan yang disebut Simpson. Anda telah rumba untuk makan siang dan rumba untuk makan malam. . . demikian, Anda harus belajar rumba. . . Tua dan muda, dengan penuh hormat, dan pertimbangan. Ini adalah seluruh cara hidup. [Dengan kata lain, kita lahir dengan rumba] dan kami akan mati dengan rumba "-Chacha Vega .
Yambu adalah tarian pasangan juga, namun jauh lebih lambat mondar-mandir. Columbia adalah menari solo yang cepat dan sangat akrobatik yang dilakukan oleh penari pria. Hal utama yang memisahkan tiga jenis rumba adalah perbedaan choreographical dan kecepatan musik .Sebuah lagu Rumba Kuba sering dimulai dengan bernyanyi solo suku kata bermakna, yang disebut 'diana (s)'. Para penari pria dan penyanyi kemudian dapat melanjutkan untuk berimprovisasi lirik menyebutkan alasan untuk memegang Rumba ini ('decimar'; rentang:. Untuk membuat sepuluh bait-line), atau malah lagu-lagu ke lagu yang lebih atau kurang tetap seperti: "Ave maria Morena "(Yambú, Anónimo)," Llora Como Lloré "(Guaguancó, S. Ramirez)," Linda Kuba, Kuba Hermosa "(Guaguancó, R. Deza)," Cina de Oro (Laye Laye) "(Columbia), "Malanga (Murió)" (Columbia) ".
Rumba sekarang paling sering dilakukan pada pesta-pesta resmi atau hanya di jalan ketika mood muncul. Perkusi dan bagian vokal membentuk ansambel musik rumba itu [6]



.Hal ini berasal Afrika tarian rumba dan musik juga mengilhami penyair dan pada gilirannya mereka juga menginspirasi tarian dan nyanyian. Beberapa penyair, termasuk Carmen Cordero dan Maya Santos Febres, telah mengatakan bahwa "gambaran puitis tari mempertahankan maknanya sebagai kendaraan perlawanan." Ini dapat dianggap sebagai mendorong perubahan dan penerimaan. Ide-ide ini cocok dengan ekspresi terkait dengan rumba ketika pertama kali muncul dan ketika itu menjadi lebih luas diterima oleh semua Kuba.[Sunting] Lihat juga

    
* Conga baris
3. Referensi

   
1. ^ Blatter, Alfred (2007). Menyingkap teori musik: panduan untuk praktek, hal.28. ISBN 0415974402.
   
2. ^ Orovio, Helio 2004. Musik Kuba dari A sampai Z. Revisi oleh Sue Steward. ISBN 0822331861 Sebuah kamus biografi musik Kuba, artis, komposer, kelompok dan istilah. Duke University, Durham NC, Tumi, Bath. p191
   
3. ^ Peñalosa, David (2009: 100). Para Clave Matrix; Afro-Kuba Rhythm: Prinsip Its dan Asal Afrika. Redway, CA: ISBN 1-886502-80-3 Bembe Inc.
   
4. ^ Http://www.zeno-okeanos.com/rumba-1947.html Terlama Dikenal Audio Dokumentasi Folkloric Rumba
   
5. ^ Knauer, Lisa M. Ekspresi Politik Afrocuban Budaya di New York City. Jurnal Studi Etnis & Migrasi (2008): 1257-1281, 25.
   
6. ^ A b c d Crook, Larry. "Sebuah Analisis Musik dari Rumba Kuba." Amerika Latin Tinjauan Musik (1982): 92-123.
   
7. ^ Peñalosa, David Rumba Quinto, Buku Bembe (2010: 183). ISBN 1453713131.
   
8. ^ Alen Rodríguez, Olavo Sebuah Sejarah http://afrocubaweb.com/cidmuc.htm congas. (2010: 3)
   
9. ^ B Daniel, Yvonne. "Rumba." Pg 75. Pembaca Kuba. Duke University Press, 2003
  
10. ^ Peñalosa Rumba Quinto (2010: xiii)
  
11. ^ Moore, Robin. "Interpretasi Puitis, Visual dan Symphonic dari Rumba Kuba." Lenox Avenue,: Jurnal A; dari Berinteraksi Permintaan. (1998): 93-112.
  
12. ^ Moore, Robin. "Para Komersial Rumba: Seni Afrocuban sebagai MusicCulture Populer Internasional." Amerika Latin Tinjauan Musik (1995): 165-198.
  
13. ^ Peñalosa Rumba Quinto (2010: xiii, xvi) "
  
14. ^ Esteban Vega Bacallao "Chacha," dari Akar Rhythm DVD [nd]
  
15. ^ Morris, Andrea E. Pertunjukan Tari / Menulis Tari: Perwujudan dan Pertanyaan Badan Perempuan dalam Afro-Antillean Puisi dan Budaya. Revista de Estudios Hispanicos (2008): 391-414, 24.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar